top of page
Cari
Gambar penulisMSD Garment

Memilih Jahit Baju Atau Beli Jadi? Berikut Pertimbangannya

Diperbarui: 30 Nov 2021


memilih jahit baju



Beberapa orang memilih jahit baju sendiri dibandingkan membeli jadi. Sebaliknya, sebagian yang lain lebih memilih untuk membeli pakaian jadi. Lalu manakah yang harus Anda ikuti?


Pertanyaan ini terkadang muncul di dalam pikiran beberapa orang dan membuat mereka kebingungan. Sebab bagaimanapun juga pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi.


Untuk memberikan jawaban terhadap kebingungan ini, kami telah merangkum pertimbangan-pertimbangan yang perlu diambil. Dengan begitu Anda bisa memutuskan sendiri apakah hendak membeli pakaian jadi atau menjahit baju sendiri.


Kelebihan dan Kekurangan Memilih Jahit Baju Sendiri

Orang-orang yang memutuskan untuk menjahit baju sendiri tentu bukan tanpa alasan. Karena memang menjahit baju sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan membeli langsung seperti berikut.


1. Ukuran yang Benar-Benar Sesuai

Ketika Anda menjahit baju, maka akan dilakukan proses pengukuran. Sehingga baju yang dihasilkan akan benar-benar memiliki ukuran sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Berbeda jika Anda membeli secara langsung.


Anda harus memilih ukuran baju yang telah disediakan jika membeli langsung. Sayangnya terkadang ukuran tersebut tidak benar-benar sesuai dengan ukuran tubuh Anda sehingga menurunkan tingkat kenyamanan saat memakainya.


2. Menggunakan Bahan Sesuai Keinginan

Perlu dipahami bahwa bahan atau kain untuk membuat baju ada beragam jenis. Setiap bahan juga memiliki karakteristik tersendiri. Sehingga tingkat kenyamanan dari sebuah bahan juga bisa berbeda dengan bahan lainnya.


Dengan memilih jahit baju sendiri, Anda bisa menentukan bahan yang akan digunakan untuk baju Anda. Sehingga Anda bisa menggunakan bahan berkualitas terbaik agar menghasilkan baju paling nyaman.


3. Biaya Lebih Tinggi dan Membutuhkan Waktu

Namun kekurangan dari menjahit baju sendiri adalah biaya yang cenderung lebih tinggi. Karena proses menjahit baju seperti ini membutuhkan fokus yang berbeda dengan membuat baju dalam jumlah massal.


Sehingga wajar jika biaya yang ditetapkan akan lebih tinggi dibanding membeli langsung. Belum lagi jika Anda menggunakan bahan berkualitas tinggi yang juga memiliki harga cukup mahal.


Selain itu Anda juga perlu menunggu proses jahit sehingga tidak bisa langsung memakainya. Berbeda dengan membeli langsung yang bisa dipakai setelah Anda selesai melakukan pembelian di tempat perbelanjaan.


Kelebihan dan Kekurangan Membeli Baju Secara Jadi

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan memilih jahit baju, sekarang kami akan menjelaskan pertimbangan beli baju jadi. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan ketika Anda beli baju jadi.


1. Model Baju Tidak Unik

Dengan membeli baju jadi, artinya Anda membeli baju yang dibuat secara massal. Sehingga pasti model baju tersebut bisa juga dibeli oleh orang lain yang membuatnya jadi tidak unik.


Hal ini terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Terlebih jika menemukan orang dengan model baju yang sama di sebuah acara seperti pernikahan atau gathering perusahaan.


2. Harga Terjangkau dan Bisa Langsung Pakai

Namun kelebihan membeli baju jadi dibanding memilih jahit baju adalah harga yang lebih terjangkau. Karena Anda bisa memiliki banyak pilihan baju dengan variasi rentang harga yang bisa dibeli.


Baju yang Anda beli jadi juga bisa langsung dipakai tanpa menunggu proses menjahit. Namun tidak jarang Anda tetap harus pergi ke tempat jahit baju untuk membuat beberapa penyesuaian.


Melihat dari pertimbangan di atas, maka sebenarnya keduanya tidak ada yang salah atau benar. Sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan diri sendiri.


Baju yang dibuat secara massal bukan berarti memiliki kualitas rendah. Namun jika Anda memilih jahit baju sendiri, maka Anda bisa menentukan kualitas bahan yang akan digunakan.





597 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page